Jumat, 25 November 2011

Virus dan Monera


      Virus dan monera bantak sekali menimbulkan berbagai gangguan penyakit kepada manusia. Banyak gangguan penyakit yang diakibatkan oleh organisme ini dari penyakit yang ringan sampai penyebab kematian dan mewabah seperti flu babi, antrak dll
                            


VIRUS
virus berasal dari bahasa latin yang berarti beracun.Hal ini disebabakan karena banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus. Selain itu banyak juga virus yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan. Ukuran virus sangat kecil di ukur dalam mu (milimikron).Apakah virus itu makhluk hidup?
Apabila virus berada di luar sel hidup,maka virus sebagai makhluk tak hidup.Akan tetapi bila berada di dalam sel hidup,virus dapat dikatakan makhluk hidup.
BAKTERI
Struktur bakteri masih sederhana,tetapi bakteri mempunyai peranan yang sangat penting.Bakteri merupakan mikroorganisme bersel satu prokariotik dan umumnya tanpa klorofil,karena itu bersifat heterotrof.Bakteri yang berklorofil mempunyai daya serap maksimum pada cahaya infra merah.Oleh karen itu merupakan bakteri fotoautotrof atau bakteri yang berfotosintetik.Terdapat tiga macam bentuk dasar tubuh bakteri yaitu kokus(bulat),basilus(batang),spirillum(spiral).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar